Diklat Kepelatihan Tingkat Nasional 2021 Sukses Digelar di Bali

09 Des 2021
324 times

Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sukses menggelar diklat pelatih taekwondo tingkat nasional 2021 yang berlangsung dari tanggal 29 November – 5 Desember 2021 di Hotel Plagoo Holiday Bali yang sendiri direncanakan.

Kegiatan training of trainer yang diikuti oleh 36 peserta dari berbagai pelatih yang yang difasilitasi oleh Pengprov di seluruh Indonesia ini fokus pada upaya membangun mindset dan orientasi untuk menjadikan para atlet binaannya berprestasi sesuai dengan parameter program kepelatihannya yang berbasis sport science.

Kegiatan ini ditutup oleh Kemenpora yang diwakili oleh Kepala Sub Bidang Peningkatan Tenaga Pendukung Asdep Tenor, Bapak Madih, S.Sos.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) dan seluruh jajaran pengurusnya yang telah merekomendasikan para narasumber yang memiliki kompetensi di bidangnya untuk membekali para pelatih. Selain itu dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber yang dengan intens, sesuai dengan ekspektasi pemerintah memberikan training kepada para peserta. Sehingga selama pendidikan kepelatihan berlangsung, antusiasme peserta tetap tinggi menyerap materi.

“Kami, pemerintah berharap dengan orientasi dan visi pemerintah dalam desain Besar Olahraga Nasional, parameter menemukan bakat atlet oleh para stakeholders olahraga, khususnya oleh para pelatih dapat dilaksanakan dengan baik. Harapan kami para pelatih yang sudah dibekali ini mampu mencari terus bakat-bakat atlet, mengidentifikasinya, menjaring dan menseleksi kemudian membina hingga atlet tersebut berprestasi. Ujarnya.

Seperti yang telah disampaikan dalam pembukaan diklat ini, Pemerintah sekali lagi berharap, para pelatih disemua cabor, termasuk cabor olahraga beladiri taekwondo yang telah berhasil mengikuti diklat kepelatihan ini, mampu memadu-padankan aspek technical skill yang baik yang dibarengi dengan pengetahuan kepelatihan yang komprehensif, sehingga Desain Besar Olahraga Nasional sebagai misi besar pemerintah, guna menjaring dan mendapatkan atlet berbakat dan berprestasi untuk mewakili Indonesia di event internasional akan dapat tercapai.  

Untuk diketahui, kegiatan diklat kepelatihan ini, selain materi technical & phisical training, peserta juga diberikan materi tentang strategi dalam mempersiapkan atlet jelang dan pada saat pertandingan, materi tentang aturan pertandingan (competition rule), mental training, penanganan cidera atlet, hingga etika pelatih dan materi tentang manajemen pertandingan.  

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBTI, Indra Mulia dalam sambuatnnya mewakili Ketua Umum PBTI menyampaikan ucapan terima  kasih kepada seluruh pihak, baik kemenpora, panitia yang bertugas dan khususnya kepada para narasumber dan peserta yang dengan serius melaksanakan diklat dengan baik. Dirinya berharap apa yang telah didapatkan dalam Diklat ini, juga semestinya di transformasi oleh para peserta kepada para pelatih lainnya didaerah masing-masing, sehingga pemerataan pengetahuan didaerah antar para pelatih akan terus terjalin.

“ Saya meminta para pelatih untuk terus memacu diri agar pengetahuan tentang kepelatihan terus update seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi dibidang olahraga. Khususnya mengenai olahraga taekwondo Diklat pelatih ini hanyalah sarana untuk mestimulasi khasanah berfikir dan semangat serta motivasi para pelatih untuk mencari, menemukan dan mencetak para atlet berprestasi dimasa yang akan datang.” Terang Sekjen PBTI

Lebih lanjut Sekjen PBTI mengatakan bahwa tidak ada proses yang instan, tapi persiapan, perencanaan yang terukur dengan baik adalah jaminan bahwa proses akan menuai hasil secara maksimal dengan baik. Ditangan para pelatih-lah sumber daya atlet Indonesia ini akan terjaga kontinuitas prestasi para atlet di berbagai daerah yang menjadi sumber utama atlet nasional taekwondo Indonesia.

“Sekali lagi, mewakili Ketua Umum, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak, dan semoga seluruh peserta dan narasumber dapat kembali ke daerah masing-masing dengan selamat. Sampaikan salam kami kepada ketua Pengprov dan seluruh pengurus TI di daerah. Dan sekali lagi jangan lupa, agendakan program yang secara kontinyu mampu menciptakan sinergi yang baik dalam menghasilkan regenerasi atlet yang berkualitas di masa yang akang datang.” Tegas Indra Mulia yang juga merupakan salah satu pemegang Gelar DAN Taekwondo tertinggi di Indonesia..

Pada acara Diklat kali ini terpilih Pelatih putra muda berbakat dengan nilai tertinggi yaitu  Fadhil G Wijaya dari Pengprov DI. Yogyakarta dan untuk Putri Dewi Selviana dari Pengprov Kalimantan Barat. Penilaian peserta terbaik ini semoga memberikan nilai positif sebagai bekal motivasi mereka juga untuk memberikan ilmunya kepada sesama pelatihnya di daerahnya.

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Senayan Trade Centre (STC),
Senayan, Lantai 3 No.173B,
Jalan Asia Afrika. Jakarta Selatan
Telp: 021-29407769

Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Cari

Peta Kantor PBTI